KABUPATEN TANGERANG - Dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa dan penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023, maka Tim Monitoring Pelaksanaan Pemerintahan dan Dana Desa Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang kembali melaksanakan monitoring dan evaluasi pada, di Desa Jengkol (14/06/2022)
Bertempat di Kantor Desa Jengkol, M.Romli, selaku Sekretaris Camat Kresek membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan Desa tahun anggaran 2023 Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Kresek di antaranya Kasi Pemerintahan Cecep Sumantri, Tim Pendamping Lokal Desa, dan beberapa Staff Kecamatan. Dan peserta monitoring di antaranya, Perangkat Desa Jengkol, BPD dan Babinsa serta Bhinamas setempat
Tim Monitoring menurut bagian masing - masing menunjukkan lokasi pembangunan fisik Desa Jengkol untuk dievaluasi dan dicek serta Evaluasi dan Pembinaan. Kegiatan Pemeriksaan Pembangunan Fisikdan monitoring ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Desa, juga evaluasi serta pelaporannya, " terang Sekcam Kresek M.Romli
Sekcam Kresek M.Romli juga menyarankan untuk segera melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik Administrasi maupun fisik agar nantinya siap ketika menghadapi pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Tangerang, jika nantinya ada suatu temuan, " ujarnya
Sementara itu menurut keterangan Kades Jengkol MK.Gandi, "Monitoring dan evaluasi oleh Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap Pemerintah Desa Jengkol, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini memang sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa Jengkol sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan - perbaikan kinerja selanjutnya, " tegasnya
"Kami berharap pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah Administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di Desa Jengkol, diantaranya terkait pengerjaan Administrasi meliputi Dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT - DD, dan Dokumen penting lainnya, " jelas MK.Gandi
Secara keseluruhan Administrasi Desa dan pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Jengkol sudah berjalan baik, hanya saja mungkin kami perlu masukan dan koordinasi lebih lanjut lagi, agar pengerjaan Administrasi kegiatan Pemerintahan Desa Jengkol lebih terarah, terperinci, lengkap dan teratur sesuai harapan, " jelas Kades Jengkol
"Saya juga berharap Aparatur Pemerintah Desa Jengkol bekerja lah dengan Ikhlas dan sabar dalam melayani masyarakat sesuai tupoksi masing - masing, "pungkas MK Gandi
(Ar/Sopiyan)